Section title text:  Our Spirit.

Semangat Kami

Kami, Sahabat-sahabat Setia Yesus masa kini, perlu menggali kisah-kisah pendirian Serikat kami agar di masa sekarang dapat menghidupi hasrat, keberanian dan kebijaksanaan dengan integritas dan kepenuhan yang sama seperti yang telah dihidupi Marie Madeleine dan para suster FCJ terdahulu. Kami perlu mengenal pengalaman kami sendiri dan memperhatian hasrat yang telah diberikan Allah dalam hati kami. Kami perlu Kami, Sahabat-sahabat Setia Yesus masa kini, perlu menggali kisah-kisah pendirian Serikat kami agar di masa sekarang dapat menghidupi hasrat, keberanian dan kebijaksanaan dengan integritas dan kepenuhan yang sama seperti yang telah dihidupi Marie Madeleine dan para suster FCJ terdahulu. Kami perlu mengenal pengalaman kami sendiri dan memperhatian hasrat yang telah diberikan Allah dalam hati kami. Kami perlu  Allah bersama kami, Allah ada dalam kisah kami, kisah kami mempunyai akar-akar, dan jika Allah memberikannya, kami mempunyai masa depan yang penuh harapan!

Kami mempunyai kesempatan untuk menghidupi Konstitusi yang sangat didambakan Marie Madeleine bagi kami. Pada tahun 1985 Bapa Suci akhirnya mengesahkan Konstitusi FCJ, bersama beberapa modifikasi, tetapi setia pada prinsip-prinsip utama:

Kami akan mengenakan identitas sebagai seorang Sahabat Setia Yesus dengan cara menghidupi Konstitusi ini. Seperti kata Marie Madeleine: setiap orang akan mengikuti Konstitusi ini dengan sepenuh hati atau meninggalkannya. Sejauh memungkinkan bagi kami, Konstitusi kami adalah Konstitusi Yesuit: Peraturan yang kita pilih adalah yang Peraturan St. Ignatius, tidak untuk mengikuti jejak dia melainkan untuk mengikuti jejak Tuhan kita Yesus Kristus.

Statue of Mary on the wall of Stella Maris chapel.

Konstitusi tetap merupakan ekspresi visi kami sepanjang masa – visi akan Inkarnasi sebagai arti hidup dan misi kami, menghadirkan Kristus dan menemukan kehadiran-Nya dimana-mana di dunia ciptaan ini, misteri penciptaan dalam Kristus, untuk Kristus. Cara hidup seperti ini merupakan syarat penting bagi kami dalam mengidentifikasikan diri kami dengan Yesus yang telah ‘diutus’; bersama Maria dan Para Perempuan Kudus kami menghadapi misteri salib dan memberi kesaksian lewat cara hidup kami akan hal-hal yang telah dikalahkan oleh pengosongan diri Kristus yang tersalib dan telah bangkit.   (Menyesuaikan diri dari Prakata ke Konstitusi, Breda O’Farrell fcJ)

Kami menyandang nama Yesus dan dari salib-Nya kami menerima karunia Hati-Nya dan curahan Roh-Nya. Maria, Bunda Yesus, telah diberikan kepada kami sebagai ‘bunda dan pemimpin umum Serikat kami.’ Seperti Marie Madeleine, kami berjuang agar nama Yesus, Roh-Nya, Hati-Nya dan Bunda-Nya . Kami mengikuti Kristus dalam misi-Nya yang menyelamatkan dengan kemiskinan, kerendahan hati, ketaatan dan kelemahlembutan, empat sahabat yang harus sangat dengan bagi kami dan yang tidak boleh terpisah dari kami sekejap pun.

Kami para suster FCJ dipanggil untuk mengikuti Yesus dengan setia, berdiri di kaki salib bersama Maria dan para perempuan kudus, dan disana bersatu dengan Kristus dalam kehausan-Nya akan kedatangan Kerajaan Allah. Kuat dalam persahabatan dengan Yesus dan satu sama lain kami bekerja sama melayani Gereja untuk membangun tubuh Kristus. Kesediaan Allah untuk berbagi kehadiran dan karya bersama ciptaan, semua manusia dan kami tidaklah terbatas! Bersama-sama kami adalah rekan pencipta Allah, dikenal lewat cinta kami dan menjadi pembawa visi Allah.

Patung Bunda Maria di luar Kapel di Biara Gumley, Generalat FCJ.

Berkat Tradisional Serikat: Santa Maria, Perawan Tak Bernoda, Ratu, Pemimpin Umum Serikat kami, Bunda kami, Bunda para novis, postulant dan sahabat-sahabat dalam perutusan, serta Bunda semua orang yang kepada mereka kami diutus….Doakanlah kami!

 

Marilah kita memohon kepada Tuhan kita
       untuk menganugerahkan kita semangat Serikat Yesus;
             karena kita mempunyai Konstitusi SJ, maka Tuhan menghendaki
                   agar kita mempunyai semangatnya.    (Marie Madeleine)