Section title text:  Our Spirit.

Biara Gumley, Generalat FCJ

Generalat, tempat tinggal dan Kantor Pusat Administrasi dari Suster Sahabat Setia Yesus adalah di Biara Gumley, Isleworth, di London Barat.

Front of Gumley House.

Rumah Gumley dibangun sekitar th 1700 dan properti dibeli oleh Marie Madeleine di th 1841.

Marble Hall from above.  Staircase leading up from the marble hall.  

Pada saat-saat yang berbeda dalam sejarah Serikat, untuk alasan-alasan keamanan politik atau kenyamanan/kelancaran administrasi, Generalat pernah berada di Carouge, Ste Anne d'Auray, Paris, Brussels dan Stella Maris, Broadstairs.

Generalat dipindah dari Broadstairs ke London di bulan Oktober 2012

Arsip-arsip Serikat disimpan di Generalat dan di sana terdapat beberapa koleksi Heritage.

Lukisan di sebelah kanan memperlihatkan lukisan mandala, sebuah ekspresi visual dari karisma dan semangat Serikat.


Terdapat sebuah
sekolah
yang besar
dan terkenal di
kampus yang sama.

Rainbow gradient divider.

Arsip-arsip Serikat

Arsip-arsip Generalat FCJ ditempatkan di Biara Gumley. Fungsinya adalah : In the Gumley archives.

Arsip-arsip berisi catatan-catatan pokok dari pendiri, Marie Madeleine Victoire de Bengy de Bonnault d’Houët. Banyak sisa koleksi terdiri dari catatan yang dihasilkan dan dipelihara di pemerintahan dan administrasi Serikat oleh General Superior secara berturut-turut sampai tahun 2003. .  

Permintaan informasi dapat ditujukan kepada :
Sekretaris Jendral
Generalat FCJ
Biara Gumley
Twickenham Road, Isleworth,
Middlesex TW7 6DN England

(44)(0)208 232 9570

Mengingat Arsip-arsip ini bersifat pribadi dan karenanya tidak sembarangan dibuka, arsip-arsip ini baru dapat diakses oleh publik dengan perjanjian bersama arsiparis dan selaras dengan Kebijakan Arsip FCJ. 

Samples of Marie Madeleine's handwriting.

Contoh-contoh dari tulisan tangan Marie Madeleine.... ketika ia menyalin kembali Konstitusi milik para Yesuit.

Pictures of the first voyage to Canada ... before cameras!

Gambar-gambar dari pelayaran pertama ke Kanada- 1883…
dikirim oleh para suster yang diutus ke sana ketika belum ada kamera!

Rainbow gradient divider.

Some items in the collection.

Koleksi Heritage

Koleksi ini berisi tulisan-tulisan dan barang-barang kuno yang berkaitan dengan kehidupan Marie Madeleine dan sejarah mengenai Serikat Suster Sahabat Setia Yesus (FCJ).

Contohnya :

Kendi (cerek) kopi, kendi teh dan beberapa ‘cruet’ milik Marie Madeleine dan yang diberikannya kepada Rumah Biara Gumley House di Isleworth. 

Coffee pot.   Tea pot.   Cruets.

Penjelasan tentang ‘cruet’ :
Sebuah ‘cruet’ adalah sebuah kendi kecil yang digunakan untuk menyediakan minyak dan cuka di meja, atau sebagai tempat anggur dan air saat Misa. ‘Cruet’ sering dihias dengan sangat indah, dibuat dari gelas tiup yang digores atau dari gelas ukir . Ketika didisain sebagai bagian dari perlengkapan meja, ‘cruet’ juga dipakai untuk tempat garam, lada, mustard kering, gula, dan sebagainya.

 

Salib yang diberikan oleh Pastor Nérinckx kepada Marie Madeleine

Crucifix given to Marie Madeleine, front view.       Crucifix, side view.

Salib ini diberikan kepada Ibu Pendiri, Marie Madeleine oleh Pastor Nerinx, seorang imam yang pada bulan November 1830 memasrahkan kepada Marie Madeleine sebuah sekolah Inggris. Ibu Pendiri kemudian menghadiahkan salib itu kepada orang tua dari salah seorang murid pertama di Gumley House, Isleworth, London, Inggris.  Kelihatannya murid ini pergi ke Australia dan memberikan salib itu ke Vaucluse,  Richmond, komunitas suster-suster FCJ pertama di Australai. Suster Pemimpin Umum Philomena Higgins membawa kembali salib itu ke Gumley pada tahun 1922.

 

Meja tulis milik Marie Madeleine:

Portable writing desk.

Inilah contoh terbaik dari meja tulis portabel abad ke 19, yang dapat dibawa dengan mudah dari ruang ke ruang dan dapat dipakai di atas meja. Marie Madeleine menggunakan meja ini ketika tinggal di Biara Gumley, Isleworth, Inggris.

 

Salinan yang ditulis tangan, halaman-halaman Konstitusi kita yang pertama, yang ditulis dalam masa hidup Marie Madeleine:

Constitution pages, Parts I-III.

Constitutions pages, Parts IV-VI.

Constitutions pages, Parts VII-IX

Constitutions, Part X and testimony of M. Marie de Bussy fcJ.

Konstitusi St. Ignasius, yang disebut oleh Marie Madeleine lebih dicintai dari pada hidupnya sendiri, adalah Peraturan yang ia inginkan bagi Serikat Suster Sahabat Setia Yesus. Gambar-gambar di Arsip menunjukkan tulisan tangannya sendiri yang kemudian dalam masa hidupnya ditulis ulang oleh Suster lain. Halaman-halaman pertama dari salinan selanjutnya dari ke 10 bagian Konstitusi Yesuit diperlihatkan di atas, bersama dengan pernyataan kesaksian atas keasliannya oleh M. Marie de Bussy fcJ dan tertanggal 1891.

 

Contoh dari karya seni yang dibuat oleh suster-suster dalam abad ke 19 :

Samples of 19th century artwork.

Further samples of artwork.

Semangat kreatif dari suster-suster pada abad 19 tetap tinggl dalam berbagai cara pada masa kini; beberapa contoh tersedia dalam pojok kreatif dari website ini.

 

Sebuah buku berisi lukisan-lukisan cat air dan penjelasan-pejelasan dihadiahkan kepada Suster Josephine Petit fcJ dalam tahun 1885, pada perayaan 25 tahun menjadi Pemimpin Umum Serikat yag kedua.

Marilah kita memohon kepada Tuhan kita
       untuk menganugerahkan kita semangat Serikat Yesus;
             karena kita mempunyai Konstitusi SJ, maka Tuhan menghendaki
                   agar kita mempunyai semangatnya.    (Marie Madeleine)